Peduli Petani, Johan Salurkan Alsintan Pasca Panen

0
110
Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai PKS asal Dapil I NTB Johan Rosihan (kiri) memberikan secara simbolis alat mesin pertanian disaksikan gubernur NTB Zulkieflimansyah (dua dari kanan) dan Pjs Bupati Sumbawa Zainal Abidin (kanan) di Desa Pamulung, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa, NTB, Sabtu (10/10. FOTO:Fajar Rachmat

SUMBAWA- Anggota Komisi IV DPR RI daerah pemilihan NTB 1 Johan Rosihan menyalurkan alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani di Sumbawa. Pemberian alat pertanian pasca panen ini dilaksanakan di Desa Pemulung, Kecamatan Labuhan Badas, Sabtu (10/10). Selain dihadiri semua anggota kelompok tani penerima, hadir dalam kesempatan tersebut Gubernnur NTB Zulkieflimansyah, Pejabat Sementara Bupati Sumbawa Zainal Abidin dan sejumlah pejabat dari Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa.

Johan mengungkapkan, bantuan ini bukan hanya alsintan pasca panen, namun alsintan pra panen juga akan segera datang. Seperti hand traktor dan mesin pompa air. Johan berharap, berharap tahun depan alat pertanian bantuan ini tidak lagi lagi datang dari Jakarta. Johan berharap bisa diproduksi di Sumbawa.

Menurutnya, alat mesin pertanian ini, jangan hanya dianggap sebagai sebuah kepemilikian saja. Namun harus disadari bahwa mekanisasi pertanian itu sebuah keniscayaan. Bahwa kita harus mulai berpikir lebih maju. Petani juga harus berani memilih varietas yang kita tanam. ‘’Misalnya jika lebih menguntungkan tanam porang, kenapa harus bertahan tanam padi. Bukan berarti semua kita harus meninggalkan padi. Kelaparan kita nanti,’’ ujarnya.

Komisi IV DPR RI saat ini sudah merancang bantuan-bantuan alat semacam ini akan disalurkan setiap tahun. Untuk APBN 2021 sudah dianggarkan.

Johan bersyukur karena acara pemberian bantuan ini dirancanag oleh pemerintah kabupaten. Karena ada daerah lain yang belum bisa dibagikan karena perbedaan politik dengan kepala daerahnya. Akhirnya bantuan alsintan tidak dapat disalurkan.

Yang paling penting Johan mengingatkan, Alsintan bantuan ini jangan dijual. ‘’Jangan salah gunakan amanah yang diberikan pemerintah. Jangan sampai keluar dari sini, sampai terminal sudah transaksi (dijual). Hati-hati.

Kami sudah kerjasamadengan polisi dan TNI. Yang menjual, kita tangkap saja,’’ katanya. Johan berharap agar Alsintan bantuan ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.  

Gubernur NTB Zulkieflimansyah berterimakasih kepada Johan yang telah menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bantuan kepada petani di Sumbawa. ‘’Apa yang terjadi hari ini, menujukkan bahwa kita mempunyai wakil rakyat yang tepat di DPR. Jik kita punya wakil rakyat yang tepat, maka banyak hal yang bisa kita perbuat untuk masyarakat,’’ kata Gubernur Zul.

Gubernur kembali mengungkapkan tentang industrialisasi. Bahwa industrialisasi bukanlah terkait dengan mesin dan pabrik yang besar-besar.  ‘’Apa yang kita saksikan hari (alat mesin pertanian, red) ini adalah produk dari industrialisasi,’’ kata Gubernur.

Industrialisasi adalah konsep ekonomi. Tidak mungkin daerah kita akan tambah sejahtera, jika produk pertanian bernilai rendah dijual untuk membeli produk lain yang bernilai tinggi.

Untuk itu, gubernur berharap ke depan, masyarakat Sumbawa mampu membuat alat-alat pertanian seperti yang dibagikan saat ini. ‘’Kita sudah buktikan, motor listrik pun bisa kita buat,’’ kata gubernur.

Alat mesin pertanian bantuan yang diberikan Johan kepada petani itu adalah Corn Sheller 13 unit, Combine Harvester sedang 2 unit, Combie harvester besar 2 unit, Power Threser multiguna kecil. Total alsintan yang disalurkan sebanyak 48 unit. (jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here