Kaya Manfaat Bagi Kesehatan, Jagung Ungu Segera Masuk Sumbawa

0
47

SUMBAWA- Apakah anda pernah mendengar atau bahkan melihat jagung ungu? Memang jagung ungu ini adalah salah satu jenis varietas jagung yang masih belum populer di Indonesia. Apalagi di Sumbawa, NTB. Dari bebeapa referensi, jagung jenis ini diketahui banyak dikembangkan di Amerika Selatan khususnya di Pegunungan Andes. Biji jagung yang berwarna ungu telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai bahan pewarna makanan serta minuman.

Selain dapat digunakan sebagai bahan warna makanan, ternyata jagung ungu juga digunakan sebagai obat alami. Jagung ungu mengandung Antosianin  yang menyebabkan dia berwarna ungu. Nah, Antosianin bersifat anti-oksidan di dalam tubuh untuk mencegah, terjadinnya penyakit penyumbatan pembulu darah. Antosianin bekerja dengan mengoksidasi lemak jahat pada tubuh.

Nah,dalam waktu  dekat, Tani Subur Grup bermaksud mengembangkan jagung ungu ini di Sumbawa. Handoyo, CEO Tani Subur mengaku sangat tertarik dengan manfaat untuk kesehatan yang dikandung di dalam jagung ini. Untuk itu, dia ingin mencoba memperkenalkannya di Sumbawa.  Memang saat ini jagung ini masih diimport dari Thailand. Namun demikian, Indonesia sudah mampu memproduksi benihnya. Adalah PT Advanta Seeds Indonesia yang memproduksi benih jagung ini. Untuk itu, Tani Subur nantinya akan bekerjasama dengan Advanta dalam mengembangkan jagung ini di Kabupaten Sumbawa. Seperti diketahui, Sumbawa merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia.

Dedi, perwakilan PT Advanta di Kabupaten Sumbawa mengungkapkan, jagung ini disebut juga dengan jagung Fancy111. Nantinya PT Advanta yang akan memproduksi benih, nanti perusahaan Tani subur yang akan memasarkan di Sumbawa. Menurut Dedi, rencananya Bulan November ini sudah sampai ke Indonesia. ‘’Tinggal dipasarkan. Produksi di Jawa Timur. Tapi nanti bisa tanam di Sumbawa. Ini sejenis jagung ketan. Tapi warnanya ungu. Nama latinnya Fancy111,’’ katanya.

Dari beberapa literasi disebutkan, banyak manfaat yang terkandung dalam jagung ungu dari Antosianin untuk melindungi lambung dari krusakan, Meningkatkan ketajaman pengeliatan, menghambat sel tumor, dan juga berfungsi sebagai senyawa anti- inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.

Beberapa Studi juga telah melakukan uji labolatorium, menyebutkan bahwa jagung ungu dapat mencegah obesitas, meningkatkan kemampuan otak,serta menagkal radiasi bebas dalam tubuh.

Selain itu, antosianin bersifat sebagai anti-oksidan di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah.

Berbagai manfaat positif dari antosianin untuk kesehatan manusia adalah untuk melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindung otak dari kerusakan. (jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here