Hitung Cepat, Mo-Novi Menang Tipis

0
188
Tabel hasil quick count lembaga MY Institute pada Pilkada Sumbawa.

SUMBAWA-Hasil Pemilihan Kepala Daerah Kabuoaten Sumbawa menegangkan. Perolehan suara pasangan nomor urut 4 Mahmud Abdullah-Dewi Noviany bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 5, Jarot-Mokhlis.

Hal ini berdasarkan hasil perhitungan Lembaga survey MY Institute. Berdasarkan hasil hitung cepat, paslon nomor urut 4, H. Mahmud Abdullah – Dewi Noviany, memperoleh suara sebesar 25,27 persen. Sementara paslon nomor urut 5, Jarot-Muhlis berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 24,89 persen. Kemudian paslon nomor urut 3, Talifuddin-Sudirman memperoleh suara sebesar 17,32 persen, disusul dengan pasangan Nursalam 16,48 persen dan pada posisi terakhir adalah pasangan Husni-Ikhsan sebesar 16,04%.

Peneliti MY Institute Yadi Satriadi mengatakan, pihaknya menggelar hitung cepat di Pilkada Kab. Sumbawa karena ketatnya persaingan.
Metode yang digunakan dalam quick count ini adalah multi-stage random sampling.

“Tahapannya dengan menentukan jumlah TPS sesuai dengan acuan metodologi,” ujar Yadi saat dikonfirmasi pada Rabu (9/12/2020).
Dari 1.010 TPS di Kab. Sumbawa, sebanyak 150 TPS yang diamati dengan margin of error 2,5 persen, dan hingga dikonfirmasi, data sampel yang diterima MY Institute sudah mencapai 100 persen.

Yadi meyakini, hasil penghitungan yang dilakukan KPU nantinya tak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat tersebut. “Dengan margin of error hanya 2,5 persen, maka kecil kemungkinan terjadi perbedaan hasil” jelas dia. Yadi menjelaskan, alasan Mo-Novi masih unggul dikarenakan popularitas mereka sudah lebih dahulu tertanam di tengah masyarakat. Selain itu, konsentrasi pemilih kepada Mo-Novi juga ditunjang dengan figuritas H. Mahmud Abdullah sebagai birokrat berpengalaman dan Dewi Noviani yang unggul dari sisi gender, karena hanya dirinyalah yang mewakili pemilih perempuan.

“Selisih suara ini memang cukup tipis, namun keunggulan ini tetap saja mengantarkan Mo-Novi sebagai pemenang pemilu. Kita masih menunggu hasil real count dari KPU dan di sahkan melalui sidang pleno”, ujarnya. (jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here