DPRD Sumbawa Usulkan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa

0
119

SUMBAWA- DPRD Kabupaten Sumbawa menggelar rapat paripurna pada Senin (25/1). Paripurna ini dengan agenda Mengumumkan usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa masa jabatan 2016-2021.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Abdul Rafiq, . didampingi Pimpinan DPRD Lainnya Drs. Mohammad Ansori, Syamsul Fikri AR  S.Ag. MSI. 

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Abdul Rafiq mengatakan paripurna ini Sesuai dengan regulasi yang ada,  Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Bahwa Pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

“Pengumuman ini tidak hanya bersifat aspek legal formal  saja, akan tetapi mengandung esensi estetika kemanusian,  secara moral ada doa yang membangun nilai nilai yang baik. Sama penting juga kepada Pemimpin yang akan berakhir masa jabatannya, kita kalungkan bunga sebagai ucapan syukur dan terimakasih atas dedikasi dan pengabdiannya dalam membangun samawa yang hebat dan bermartabat,” kata Rafiq.

Atas nama Pimpinan dan anggota DPRD Kab Sumbawa dan seluruh masyarakat Sumbawa , Rafiq menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati H. Muhammad Husni Djibril, BSc, dan Wakil Bupati Drs. H. Mahmud Abdullah atas dedikasi Pengabdian dan Kontribusinya yang telah memimpin selama lima tahun hingga tanggal 16 Februari 2021 Yang akan datang. 

Menurutnya, Husni-Mo telah berhasil memimpin Kabupaten Sumbawa  dengan segudang Prestasi.  

Selanjutnya Usulan Pemberhentian Bupati dituangkan dalam Surat Keputusan DPRD yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan H. Amri.S.Sos. M.Si.,  

Wakil Bupati Sumbawa H.Mahmud Abdullah mengaku, kini saatnya untuk undur diri dengan Optimisme untuk membangun Sumbawa. Sesuai dengan visinya telah mampu mengimplementasikan program pembangunan, dan telah banyak prestasi yang diraih, juga pembangunan infrastruktur mampu diwujudkan. “Termasuk juga prestasi bidang keuangan yakni meraih WTP sebanyak 8 kali,” ungkap H Mo.

Selain itu, dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, telah mendapatkan  nilai Tinggi dengan Predikat B dan mendapatkan Award dari Kemendagri pada Januari 2020 lalu. 

Banyak program yang telah berhasil dilaksanakan dengan kolaborasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat. Sehingga Alhamdulillah tingkat kemiskinan di Kabupaten Sumbawa mengalami penurunan yang cukup significant,”  urai H. Mo. 

Dalam Bidang pendidikan Husni-Mo juga berupaya memaksimalkan sarana dan prasarana pendidikan dan kapasitas guru dan tenaga kependidikan. Juga di Bidang Kesehatan telah membangun Rumah Sakit yang layak dan refresentatif serta Peresmian Pembangunan beberapa Puskesmas.(jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here