HMPS Agroteknologi Faperta UNSA Sumbangkan Kompos ke SDN Bukit Permai

0
72

SUMBAWA─ Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HMPS) Agroteknologi UNSA menyumbangkan hayati kompos kepada SDN Bukit Pemai Sumbawa Besar, Jum’at (24/7/2020). Kompos tersebut merupakan hasil produk yang dibuat sendiri oleh mahasiswa program studi agoteknologi faperta Unsa.

Penyerahan hayati kompos tersebut diberikan langsung kepada Kepala Sekolah yang diwakili oleh Staf Pengajar SDN Bukit Permai, dengan disaksikan oleh para guru dan 9 orang anggota HMPS agroteknologi.

Menurut Wening Kusumawardani, MP selaku dosen dan pembimbing pembuatan kompos kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh HMPS agroteknologi setiap 6 bulan sekali. ‘’Kegiatan ini merupakan yang nyata dari kecendikiawanan mahasiswa,” katanya.

Wening menambahkan, program ini telah berjalan selama 4 tahun dan merupakan bentuk timbal balik karena SDN Bukit Permai telah membantu meminjamkan alat APO (Alat Pencacah Organik) kepada HMPS Agroteknologi.

Hayati kompos yang disumbangkan kepada SDN Bukit Permai tersebut merupakan hasil olahan limbah yang ada di lingkungan sekitar seperti kotoran hewan, limbah organic rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi. Untuk tahun ini HMPS Agroteknologi menyumbangkan kompos tersebut sebanyak 100 kg.

Sulastri selaku sekretaris HMPS agroteknologi menuturkan bahwa untuk ke depannya dari HMPS sendiri dapat memproduksi kompos lebih banyak sehingga dapat disumbangkan ke sekolah-sekolah lainnya dalam upaya penghijauan sekolah

“Mungkin ke depannya kita dapat memproduksi lebih banyak lagi dan dapat membagikan produk kompos kami dengan sekolah lainnya, tidak hanya di SDN Bukit Permai saja, di samping itu juga mungkin ada dari pihak sekolah lain yang ingin bekerja sama dengan HMPS kami seperti SDN Bukit Permai kami siap membantu,” katanya. (cr-sm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here