Mahasiswa Faperta Unsa Panen Hasil Praktikum

0
72
Suasana panen raya hasil praktikum mahasiswa Unsa di Desa Jorok, Kec Unter Iwes, Rabu (22/7)

SUMBAWA– Fakultas Pertanian Universitas Samawa (Unsa) melaksanakan panen di Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa pada 22 juli kemarin. Padi yang dipanen ini merupakan hasil dari praktikum mahasiswa Faperta.

Pendamping praktikum Suryadi Mengungkapkan dirinya sangat bangga dengan mahasiswa fakultas pertanian program studi agroteknologi yang semangat menyelesaikan praktikum ini. “Saya sangat bangga dengan mahasiswa agroteknologi semester 4 yang telah menyelesaikan praktikumnya dengan semangat dan selalu tekun dalam melaksanakan praktikum” ungkap Suryadi (22/07).

Menurutnya, dilihat dari ciri-ciri padi yang dipanen, diperkirakan mencapai 1,8 ton. ‘’Kita lihat saja nanti,” katanya. Dilihat dari ciri-cirinya dengan bijinya yang lumayan besar dan berat suryadi dapat menjamin hasil panen dapat mencapai hasil yang ditargetkan. Jumlah ini lumayan jauh lebih tinggi dibanding dengan hasil panen tahun kemarin yang hanya mencapai 1,5 ton.

Di dalam praktikum yang dilakukan di desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, mahasiswa Faperta mengamati tiga jenis perlakuan padi yaitu aplikasi biocar sekam padi, aplikasi pupuk NPK, dan Perlakuan kombinasi penggunaan biocar sekam padi dan pupuk NPK terhadap hasil pertumbuhan.

“Saya harap untuk praktikum selanjutnya agar semangat mahasiswa yang melaksanakan praktikum selalu terjaga seperti ini bahkan ditingkatkan lebih lagi dan saya berharap hasil penelitian kami ini dapat bermanfaat bagi para petani lainnya. Karena kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi yang akan memajukan kualitas pangan kita,” kata Suryadi. (cr-sm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here