Kisah Usman Bertahan Hidup Selama Seminggu Tersesat di Hutan

0
72
Usman, seminggu tersesat di hutan Matemega, Kec Alas.


SUMBAWA- Seorang warga Dusun Panua, Desa Juranalas, Usman sempat menghilang selama satu minggu. Beruntung dia berhasil ditemukan warga di tengah hutan dalam keadaan selamat.

Usman yang sehari hari bekerja serabutan itu meninggalkan rumah hari Selasa (23/6) dengan maksud mencari pakis di kawasan hutan Matemega.
Setelah beberapa hari belum juga pulang, pihak keluarga mencari informasi keberadaannya ke tempat-tempat yang biasa dia kunjungi. Termasuk minta bantuan warga dusun Matemega Desa Marente. 

Kepala Desa Juranalas, Hasanuddin yg mendapat informasi kehilangan warganya melaporkan kejadian tersebut kepada camat Alas, Lutfi Makki.

Selasa pagi (30/6) camat bersama kades mengunjungi rumah korban untuk memastikan hasil pencarian Usman. Sambil menunggu keluarga yang sampai menginap mencari Usman di kawasan Matemega, camat Lutfi Makki berencana menghubungi pihak BASARNAS. 

Namun hari Rabu sore (1/7) camat menerima laporan kades Juranalas bahwa Usman telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Ditemui petugas di rumahnya, Usman bercerita bahwa hari Rabu (hari kedua meninggalkan rumah) dia sempat ke dusun Matemega nonton main bola voli. Setelah itu dia berjalan ke arah Desa Kaduk (wilayah Batulanteh) untuk mencari pakis. 

Di kawasan hutan itulah kemudian dia tersesat. Menurutnya, dia sempat jatuh di sungai dan ditolong oleh seorang perempuan. Di sungai itulah dia tinggal selama 6 hari, di sebuah batu besar. 

Setiap hari dia makan dengan membakar pudak rotan (rotan muda) sampai pada akhirnya ditemukan oleh warga Matemega yg pergi memancing. Kemudian diantar pulang ke rumahnya di dusun Panua Desa Juranalas.

Keluarga korban merasa bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mencari dan menemukan Usman, sehingga bisa pulang ke rumah dalam keadaan selamat. (jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here