Mau Buat Pasport Musim Corona ini? Bisa, Ini Syaratnya

0
41
Pelayanan permohonan passport di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa yang kembali dibuka

SUMBAWA- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, kembali membuka pelayanan permohonan passport. Namun, menyongsong era New Normal, ada sedikit perubahan terkait permohonan pelayanan passport ini. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Pungki Handoyo mengatakan, sebelumnya dilakukan pembatasan pelayanan permohonan passport. Namun, kali ini, pelayanan telah dibuka kembali. Karena menyongsong New Normal. Dibukanya layanan passport ini sudah mulai dilakukan sejak 15 Juni lalu. “Sejak 15 Juni sudah ada beberapa pemohon passport. Untuk kepentingan belajar ke luar negeri,” ujar Pungki. 

Namun, sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Keimigrasian, ada sedikit perubahan dalam pelayanannya. Dimana dalam pelayanan, pihaknya mementingkan protokol kesehatan. Adapun protokol kesehatan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, pemohon wajib menggunakan masker. Petugas di Kantor Imigrasi juga dilengkapi APD standar. Seperti menggunakan masker, sarung tangan dan face shield. Masyarakat yang masuk untuk berurusan juga akan dicek suhu tubuhnya. Sebelum masuk ke ruangan kantor, masyarakat juga harus melalui bilik disinfektan. Setelah itu bertemu dengan duta layanan di Kantor Imigrasi. Kemudian, barulah diarahkan menuju loket pelayanan. 

Jika masyarakat mau mendaftar untuk permohonan passport, harus mendaftar secara online. Yakni melalui Aplikasi Pendaftaran Passport Online (APAPO). Masyarakat tidak diperkenankan mendaftar secara walk-in atau langsung. Hanya pihak tertentu saja yang diperkenankan untuk mendaftar secara langsung. 

Dijelaskan, sesuai arahan Kepala Kantor Imigrasi, yang boleh mendapatkan pelayanan walk in adalah yang skala prioritas. Seperti lansia di atas 60 tahun, ibu hamil dan anak.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, pemohon passport berkoordinasi dengan pihak PT. Pos. Nantinya, pemohon akan mengisi formulir persetujuan pengiriman di kantor Imigrasi untuk pengambilan passport itu. Biayanya, tentu saja akan dikenakan kepada pemohon. Nantinya pihak Pos akan mengirimkan passport pemohon langsung ke alamatnya.

Kedepan, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa akan terus meningkatkan kinerja. Serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (run) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here