Spektakuler! UTS Tembus Peringkat 14 di Nature Index

0
129
Rangking yang dikeluarkan oleh jurnal Nature Indeks. UTS berada di urutan 14.

SUMBAWA- Sebuah pengakuan spektakuler diraih oleh Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS). Jurnal Nature Index, menempatkan UTS di urutan ke-14 di antara semua perguruan tinggi se-Indoneaia. UTS berada persis di bawah Universitas Padjajaran, Bandung yang berada di posisi 13.

Nature Index, adalah sebuah jurnal prestisius di Amerika. Semua perguruan tinggi berusaha agar penelitiannya bisa tampil dalam jurnal bergengsi tersebut. Dan Jurnal Nature Ndex menilai semua penelitian yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi di dunia.

“ini sungguh membanggakan. Kita tidak menyangka mendapat pengakuan jurnal tingkat dunia seperti Nature Index,” kata Rektor UTS Dr.Chairul Hudaya kepada Radar Sumbawa, malam ini.

Menurutnya, yang membuat ini prestisius adalah, bahwa kampus UTS ini adalah relatif masih baru. Usianya baru tujuh tahun. Sementara di Indonesia ini adalah sekitar 4000 perguruan tinggi.
“Ini capaian extraodinary. Peneliti-peneliti kita sudah mampu mempublis penelitiannya di jurnal-jurnal terbaik di di dunia,” kata Chairul Hudaya.

Salah satu contoh prestasi dosennya adalah, baru2 ini Dosen Metalurgi UTS Berhasil Raih SILVER ICAE Best Poster Pada ICAE 2019 di Korea. Dosen program studi metalurgi Universitas Teknologi Sumbawa, Muhammad Hilmy Alfaruqi, S.T., M. Eng, mendapat kesempatan untuk mempresentasikan salah satu researchnya mengenai pembuatan elektroda Mangananese Dioxide untuk Zinc-ion batteries (ZIBs) yang masuk di bidang energy storage materials dalam International Conference on Advanced Electromaterials (ICAE 2019). 

Dilansir dari natureindex.com Setiap tahun, Nature Indeks menerbitkan tabel berdasarkan jumlah hasil penelitian berkualitas tinggi pada tahun kalender sebelumnya.

Data di balik tabel didasarkan pada proporsi yang relatif kecil dari total makalah penelitian, mereka mencakup ilmu alam saja dan hasilnya non-normal (yaitu, mereka tidak mencerminkan ukuran negara atau lembaga, atau keseluruhan penelitiannya keluaran).

The Nature Index adalah salah satu indikator kinerja penelitian institusi. Metrik Hitung dan Bagikan yang digunakan untuk memesan daftar Indeks Alam didasarkan pada hasil publikasi lembaga atau negara di 82 jurnal sains alam, yang dipilih berdasarkan reputasi oleh panel independen ilmuwan terkemuka di bidangnya.

Nature Index mengakui bahwa banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika mempertimbangkan kualitas penelitian dan kinerja kelembagaan; Metrik Indeks Alam sendiri tidak boleh digunakan untuk menilai institusi atau individu.Data dan metode Indeks Alam transparan dan tersedia di bawah lisensi creative commons di natureindex.com.

Basis data Nature Indeks mengalami pembaruan rutin, koreksi, penyesuaian hierarki kelembagaan, dan penghapusan makalah yang ditarik dan dengan demikian situs web langsung dapat berbeda dari tabel tahunan beku. (jar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here